Selasa, 06 Desember 2016

BAB II

PENGANTAR STUDI ISLAM

A.  Studi Islam sebagai Disiplin Ilmu
Islam dapat dikatakan sebagai sebuah disiplin ilmu, yakni ilmu ke-islaman, islamic studies, atau dirasah islamiyah jika di lihat dari dusut pandang historis karena dalam konteks ini islam dapat dijadikan sebagai keilmuan atau bahan kajian sedangkan islam dalam sudut pandang normatif tidak bisa dijadikan bahan kajian karena dalam hal ini, islam adalah agama yang harus di imani atau di yakini, tidak boleh di pertanyakan dan tidak bisa berubah. Berkenaan dengan studi islam sebagai disiplin ilmu maka sangat erat hubungannya dengan metode dan pendekatan dalam pengkajian  yang akan dilakukan.

B.  Pertumbuhan dan Obyek Studi Islam
Studi islam dahulu terutama pada masa Nabi dan sahabat, dilakukan di masjid. Namun sekarang berkembang hampir diseluruh negara di dunia baik islam maupun yang bukan islam. Seperti contoh studi islam juga di implementasikan pada perguruuan tinggi di Indonesia seperti: UIN, IAIN dan STAIN.
Sedang obyek studi islam dikelompokkan menjadi beberapa bagian yaitu: sumber-sumber islam, doktrin islam, ritual dan institusi islam, sejarah islam, aliran dan pemikiran tokoh, studi kawasan dan bahasa.

C.  Sejarah, Metode dan Pendekatan Studi Islam

Yang dimaksud dengan metode disini adalah cara mengetahui sesuatu dengan langkah-langkah yang sistematis. Diantara metode studi islam yang pernah ada dalam sejarah, secara garis besar dapat dibagi menjadi dua. Pertama, metode komparasi yaitu suatu cara memahami agama dengan membandingkan seluruh aspek yang ada dalam agama islam dengan agama lain. Ini akan menghasilkan pemahaman islam yang obyektif dan utuh. Kedua, yakni metode sintesis, merupakan suatu cara memahami islam yang memadukan antara metode ilmiah dengan segala cirinya yang rasional, obyektif, kritis dan seterusnya dengan metode teologis normatif. Terdapat banyak pendekatan yang digunakan untuk memahami agama  diantaranya adalah pendakatan teologis normatif, antroologis, sosiologis, psikologis, historis, kebudayaan dan pendekatan filosofis. 

1 komentar:

  1. Where To Play Baccarat - Online Gambling in - WORRione
    Baccarat is a game of strategy. worrione You play the game in หารายได้เสริม a casino in which you 제왕 카지노 will bet on the outcome of the game. The outcome of the

    BalasHapus